APMODY: the best blogger template for posting apps as well as articles in one blog.. Get now!

Fungsi Excel IF

Fungsi Excel IF, ingatexcel, Contoh IF
Fungsi IF merupakan salah satu fungsi paling populer di Excel, yang memungkinkan Anda membuat perbandingan logis antara nilai dan perkiraan. Dalam bentuk yang paling sederhana, fungsi IF mengatakan: IF(Sesuatu adalah Benar, lakukanlah sesuatu, jika tidak lakukanlah hal lain). berikut tadi pernyataan dari situs support.office.com.



Contoh IF

Misal Ingin membuat daftar kehadiran misalnya, Jika kita memasukan karak ter 'A' maka menghasilkan 'Alpa' menekan 'I' maka menghasilkan 'ijin' menekab 'B' maka menghasilkan 'Bolos' dan lain sebagainya, gimana menarik bukan.


Baik saya akan membuat sebuah percobaan dengan menggunakkan rumus IF dengan mendata atau mengktegorikan Umur dengan data data berikut.



Bisa kita lihat beberapa umur dari daftar nama tersebut, saya akan mengkategorykan umur 1-5 "Balita" umur 6-11 "Kanak - Kanak" umur 12-25 "Remaja" umur 26-45 "Dewasa" umur 46-65 "Lansia" umur 66-200 "Manula"

dengan menggunakan perintah =IF(AND(C2>=1,C2<=5),"Balita","")
kita sudah bisa mengkategorikan umur dari umur 1 tahun hingga 5 ke 'Balita', dalam artian jika klian mengisikan umur 1-5 tahun maka akan muncul kategory 'Balita'.

Lalu bagaimana jika ingin menggabungkan dengan kategory umur yang lain???
cukup mudah tambahkan saja "&" diujung perintah di atas, dan hilangkan "="

Contoh

=IF(AND(C2>=1,C2<=5),"Balita","")&IF(AND(C2>=6,C2<=11),"Kanak - Kanak","")

dengan perintah tersebut kalian sudah dapat mengkategorykan Umur 'Balita' dan 'Kanak - Kanak',

untuk menggabungkan kategory remaja, dewasa, lansia dan manula tinggal tambahkan saja lagi di ujung nya perintah yg sama.



=IF(AND(C2>=1,C2<=5),"Balita","")&IF(AND(C2>=6,C2<=11),"Kanak - Kanak","")&IF(AND(C2>=12,C2<=25),"Remaja","")&IF(AND(C2>=26,C2<=45),"Dewasa","")&IF(AND(C2>=46,C2<=65),"Lansia","")&IF(AND(C2>=66,C2<=200),"Manula","")

lihat hasil yang telah saya buat.



sekian mengenai Fungsi IF pada Excel, semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kita semua.




Post a Comment

Cookie Consent

We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.